Syarat bisnis tanaman hias sukses

Hai blogger, saat ini para ibu rumah tangga gemar untuk mengoleksi tanaman hias. Terlebih lagi untuk para ibu rumah tangga yang mempunyai waktu kosong untuk mengurus tanaman. Selain untuk menghias rumahnya, tanaman hias juga bermanfaat untuk menyejukan suasana rumah loh. Peluang ini bisa anda manfaatkan untuk memulai usaha baru, yaitu bisnis tanaman hias. Tapi, sebelum anda memulai usaha tanaman hias, ada baiknya anda mengetahui syarat-syarat bisnis tanaman hias sukses. Berikut akan saya berikan beberapa syarat bisnis tanaman hias sukses.

1. Pengetahuan yang Cukup Tentang Tanaman Hias

Dalam membuka usaha pada bisnis tanaman hias anda syarat bisnis tanaman hias adalah harus memiliki pengetahuan tentang tanaman itu sendiri. Mungkin semua bisnis juga seperti itu, namun dalam kaitannya dengan bisnis tanaman hias, tidak bisa ditunda lagi.
Untuk memulai membuka usaha tersebut Anda harus memiliki pengetahuan dasar yang mumpuni . kemungkinan tanaman hias yang akan Anda jadikan bisnis bisa layu atau bahkan bisa mati sebelum terjual, karena anda tidak memiliki dasar pengetahuan yang cukup tentang tanaman hias. Saran saya, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai tanaman hias. Bagaimana cara merawatnya, memberi pupuk, memberi air, bagaimana cara menjadikannya lebih indah dan lainnya. Anda bisa browsing, atau lebih mantab lagi jika Anda langsung berguru pada ahli atau yang sudah berpengalaman.

2. Lokasi yang Strategis

Dalam menjalankan bisnis tanaman hias, lokasi bisa menjadi salah satu kunci sukses. Sudah tentu lokasi yang ramai atau mudah dijangkau oleh calon konsumen adalah lokasi yang potensial. Namun Anda bisa memanfaatkan yang ada terlebih dahulu, jika Anda tidak memiliki lokasi seperti kualifikasi tersebut. Anda bisa memanfaatkan rumah Anda sebagai lokasi usaha untuk sementara waktu. Karena berbisnis tanaman hias sedikit membutuhkan area yang lebih luas sebagai tempat memajang tanaman Anda, maka pertimbangkan luas area yang akan Anda manfaatkan untuk usaha.
Selain pertimbangan di atas, anda juga perlu menyesuaikan suhu daerah Anda dengan tanaman hias yang akan Anda kelola. Bisa dipastikan tidak akan maksimal atau bahkan bisa sampai mati jika tanaman tidak cocok dengan suhu. 

3. Perhatikan Pemilihan Jenis Tanaman Hias

Syarat bisnis tanaman hias selanjutnya adalah pemilihan jenis tanaman hias yang sesuai. Agar bisa menjadikan bisnis tanaman hias bisa langgeng dan tetap eksis maka pilihlah tanaman yang tepat. Ada banyak jenis tanaman hias yang bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. Jika misalnya Anda menentukan bunga sebagai bisnis tanaman hias yang akan Anda tekuni, maka pilihlah bunga yang memiliki daya jual stabil dan tidak hanya musiman semata. Selain itu, pertimbangkan juga biaya perawatan dalam merawat tanaman hias karena Anda masih pada tahap memulai.

Atau Anda bisa memulainya dengan fokus terlebih dahulu dengan satu atau dua jenis tanaman hias, jika dirasa terlalu berat dalam mengelola beberapa jenis bunga sekaligus. Baru setelah dirasa ada perkembangan yang bagus, Anda bisa menambah jenis tanaman hias baru pada bisnis tanaman hias anda.

4. Persiapkan Media Tanam Untuk Tanaman Hias

Hal utama dalam bisnis tanaman hias adalah media tanam. Syarat bisnis tanaman hias yang selanjutnya adalah media tanam yang berkualitas yang dapat menjaga tanaman Anda tetap subur dan segar. Jadi Anda harus memahami juga berapa kebutuhan media tanam untuk tanaman yang Anda persiapkan.
bagaimana efisiensi dan efektifitasnya juga harus Anda ketahui dengan seksama. Jika Anda sudah mampu membuat media tanam sendiri, itu akan jauh lebih bagus dan bisa lebih meminimailisir biaya dalam persiapan bisnis tanaman hias.


5. Promosi


Setelah semuanya siap, maka akan ketahap yang paling penting adalah memilih model promosi. akan lebih mudah melakukan promosi jika anda sudah memiliki tempat yang strategis. Anda bisa melakukan promosi dengan kartu nama ataupun brosur jika lokasi tempat bisnis masih sepi. Selain itu anda juga memanfaatkan media online sebagai alat promosi yang canggih yang saat ini terbilang sangat berkembang pesat. Atau anda juga bisa melakukan promosi yang murah dan efektif, yaitu promosi dari mulut ke mulut.
Intinya anda harus pandai-pandai promosi memperkenalkan produk anda kepada orang lain.

Itulah syarat bisnis tanaman hias sukses. Jika anda ingin mengatahui cara bisnis online terbaik silahkan klik Cara Bisnis Online Terbaik : cara mendapatkan uang dari internet. Baca juga Bisnis Donat Modal Kecil.

1 komentar:

  1. Terimakasih artikel bisnisnya sangat inspiratif dan bermanfaat.. Salam kenal Saya distributor Melilea Greenfield Organik suka sekali artikel tentang bisnis, dan peluang usaha dan bisnis

    BalasHapus